Fokus Trader Euro Pada Kebijakan Moneter ECB Terbaru 14 September Pekan Ini

Beberapa hari sebelumnya, laporan PMI Zona Euro juga mengecewakan. Sektor jasa maupun manufaktur sama-sama mengalami kontraksi, terbukti dalam angka-angka indeks yang berada di bawah 50.0.

Sep 11, 2023 - 09:47
 0  77
Fokus Trader Euro Pada Kebijakan Moneter ECB Terbaru 14 September Pekan Ini

Kondisi ekonomi Zona Euro yang memburuk belakangan ini kemungkinan bakal memaksa Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mempertahankan suku bunga tetap dalam rapat kebijakannya pekan ini.

Laporan preliminer Produk Domestik Bruto (GDP) Zona Euro di pekan kemarin menunjukkan pertumbuhan kuartalan sebesar 0.1% saja pada kuartal II/2023. Padahal, konsensus mengharapkan pertumbuhan 0.3%. GDP Zona Euro year-on-year melambat secara signifikan dari 1.1% menjadi 0.5% saja.

Beberapa hari sebelumnya, laporan PMI Zona Euro juga mengecewakan. Sektor jasa maupun manufaktur sama-sama mengalami kontraksi, terbukti dalam angka-angka indeks yang berada di bawah 50.0.

Tingkat inflasi Zona Euro masih lebih dari dua kali lipat target ECB, sehingga ECB semestinya menaikkan suku bunga lagi. Akan tetapi, sejumlah analis menilai kondisi ekonomi Zona Euro yang lebih buruk saat ini dapat memaksa ECB untuk menunda rate hike.

Analis OIB mengatakan, "Kami memperkirakan kelambanan kebijakan karena tren data yang lemah... mengarah pada keputusan kenaikan suku bunga yang ditunda. Inersia ECB lantaran data-data yang lemah akan mendorong EUR/USD menguji level terendah 8 Juni pada 1.0695, lalu garis support berikutnya datang pada 1.0635 yang merupakan level terendah 31 Mei."

"Stagnasi dalam industri dan perekonomian yang lebih luas tampaknya menjadi kenormalan baru bagi Jerman, negara dengan perekonomian terbesar di Eropa. Faktanya, seluruh data makro Jerman untuk bulan Juli menunjukkan bahwa risiko resesi kembali meningkat," kata analis OIB, "Semua ini merupakan pertanda buruk bagi Euro, dan bias negatif kemungkinan akan terus berlanjut dalam jangka pendek."

Terlepas dari itu, sebagian analis lain meyakini ECB tetap akan menaikkan bunganya demi menekan laju inflasi. Analis OIB juga mengakui bahwa nilai tukar Euro bakal memperoleh support baru apabila ECB terus melanjutkan pengetatan kebijakannya. 

Data pasar saat ini menunjukkan peluang nyaris fifty-fifty untuk kenaikan suku bunga ECB pada rapat tanggal 14 September 2023. (YSI)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Makarios Amien (Yossi) SE, MM Experienced research and analyst with a demonstrated history of working in the financial services industry. Skilled in Trading, Fundamental Analysis, Technical Analysis, Foreign Exchange, Commodities, Cryptocurrencies, Stock and CFD. Professional graduated Economic Bachelor and Magister Management from Trisakti University