Alert Rilis Data Kalender Ekonomi Penggerak Market 19 September 2023

Pk 19:30 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Kanada bulan Agustus 2023 (Berdampak tinggi pada CAD)

Sep 19, 2023 - 08:52
 0  60
Alert Rilis Data Kalender Ekonomi Penggerak Market 19 September 2023

Pk 08:30 WIB: notulen meeting RBA tanggal 5 September 2023 (Berdampak medium-tinggi pada AUD)

Pertama kali dirilis pada Desember 2007, notulen meeting ini dirilis 11 kali setiap tahun, sekitar 2 minggu setelah pengumuman suku bunga oleh RBA. Notulen ini penting diperhatikan karena menyangkut pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian Australia pada saat menentukan tingkat suku bunga. 

Secara normal, jika hasil meeting secara keseluruhan dianggap hawkish, maka AUD akan cenderung menguat; namun jika dovish, AUD cenderung melemah.

Pada meeting terakhir tanggal 5 September lalu, RBA kembali mempertahankan suku bunga acuan pada level +4.10%, sesuai dengan perkiraan pasar. Ini adalah bulan ketiga RBA menahan suku bunga, dan level suku bunga terakhir ini masih yang tertinggi sejak bulan April 2012.

Statement menyebutkan bahwa inflasi telah turun dari level tertingginya, tetapi angkanya masih terlalu tinggi, dan diperkirakan akan tetap tinggi untuk beberapa waktu ke depan. 

Bank sentral menegaskan kembali bahwa pengetatan moneter lebih lanjut mungkin diperlukan untuk memastikan inflasi kembali ke kisaran target antara 2.0% hingga 3.0% dalam jangka waktu yang wajar. Setiap penyesuaian suku bunga akan bergantung pada data ekonomi yang masuk.

Bank sentral memproyeksikan bahwa inflasi akan berada di sekitar 3.25% pada akhir tahun 2024, dan kembali ke target pada akhir tahun 2025. 

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Australia sedang mengalami periode pertumbuhan di bawah trend dan ini diperkirakan akan berlanjut untuk sementara waktu. Pengangguran diperkirakan akan meningkat secara bertahap menjadi sekitar 4.5% pada akhir tahun depan.

Notulen meeting tanggal 1 Agustus 2023 bisa dibaca di https://www.rba.gov.au/monetary-policy/rba-board-minutes/2023/

Pk 19:30 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Kanada bulan Agustus 2023 (Berdampak tinggi pada CAD)

Indikator yang mengukur tingkat inflasi ini dirilis oleh Biro Statistik Kanada. Data terdiri atas CPI inti (Core CPI) dan CPI total yang dirilis secara bersamaan. CPI inti disebut juga dengan Bank of Canada Core CPI dan tidak memperhitungkan harga makanan dan energi. 

Baik CPI inti maupun total dihitung dalam basis bulanan (month over month atau m/m) dan tahunan (year over year atau y/y). Kedua data CPI sama-sama dianggap berdampak tinggi.

Bulan Juli lalu, CPI total y/y menunjukkan +3.3%, lebih tinggi dari perkiraan +3.0%, dan lebih tinggi dari bulan sebelumnya +2.8%. CPI inti y/y menunjukkan +3.2%, juga lebih tinggi dari perkiraan +2.8%, dan sama dengan bulan sebelumnya (terendah dalam 2 tahun terakhir). Naiknya inflasi tahunan terutama disebabkan oleh meningkatnya harga listrik (+11.7%), dan bahan makanan (+8.5%).

Sementara untuk basis bulanan (m/m), inflasi total naik 0.6%, tertinggi dalam 3 bulan. Inflasi inti m/m naik 0.5%, juga tertinggi dalam 3 bulan.

Untuk bulan Agustus 2023, diperkirakan CPI total y/y akan kembali naik menjadi +3.8%, m/m akan turun menjadi +0.1%, dan CPI inti y/y akan naik menjadi +3.5%. Secara normal, hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat. Begitupun sebaliknya. (YSI)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Makarios Amien (Yossi) SE, MM Experienced research and analyst with a demonstrated history of working in the financial services industry. Skilled in Trading, Fundamental Analysis, Technical Analysis, Foreign Exchange, Commodities, Cryptocurrencies, Stock and CFD. Professional graduated Economic Bachelor and Magister Management from Trisakti University