USDJPY Berupaya Singkirkan Hambatan SMA-50 Di Kisaran 133.00

Setelah gagal dalam memicu laju inflasi dengan upaya melakukan pembelian obligasi dalam skala besar-besaran selama bertahun-tahun, Bank of Japan memangkas suku bunga jangka pendeknya di bawah nol persen pada Januari 2016 silam, guna meredam kenaikan nilai tukar Yen yang merugikan eksportir

Apr 10, 2023 - 11:20
 0  20
USDJPY Berupaya Singkirkan Hambatan SMA-50 Di Kisaran 133.00

FUNDAMENTAL

Gubernur Bank of Japan yang baru, Kazuo Ueda akan mendapat tantangan utama di masa tugas pertamanya, yaitu menghapus yield curve control yang hingga saat ini terus mendapat kritikan karena aturan ini telah mendistorsi pasar dengan mempertahankan kondisi tidak adanya kenaikan suku bunga dalam jangka panjang.
Setelah gagal dalam memicu laju inflasi dengan upaya melakukan pembelian obligasi dalam skala besar-besaran selama bertahun-tahun, Bank of Japan memangkas suku bunga jangka pendeknya di bawah nol persen pada Januari 2016 silam, guna meredam kenaikan nilai tukar Yen yang merugikan eksportir.
Dikarenakan inflasi yang sangat rendah memaksa Bank of Japan untuk mempertahankan yield curve control lebih lama dari yang diharapkan, maka imbal hasil obligasi mulai mendekati kisaran yang ketat serta volume perdagangan justru mengalami penyusutan.
Dengan demikian Bank of Japan nampaknya ingin menghindari kenaikan suku bunga hingga laju inflasi jelas mampu mencapai target 2% secara berkelanjutan serta didukung pula oleh pertumbuhan upah yang lebih tinggi.

TEKNIKAL

Secara keseluruhan pergerakan pasangan mata uang USJPY masih didominasi oleh buyer dalam tiga hari secara berturut-turut, dan mampu menembus garis resisten satu bulan di kisaran 132.65.
Akan tetapi hambatan di kisaran SMA-50 yang berada di kisaran 133.20 masih menjadi tantangan utama di jangka pendek bagi pasangan mata uang tersebut, dan akan menjadi catatan tersendiri bagi para buyer di sesi perdagangan yang cenderung sepi akibat sejumlah pasar Eropa ditutup terkait libur Paskah.
Andaikata USDJPY mampu terlepas dari hambatan SMA-50, maka resisten berikutnya akan berada di kisaran 135.20, yang menjadi level psikologis bagi konfirmasi kuat terbentuknya trend bullish untuk mendekati kisaran 140.00.
Sementara itu sinyal dalam indikator RSI 14 menunjukkan adanya pergerakan di atas level 50% yang memberikan cerminan adanya dukungan bullish secara moderat dalam timeframe Daily.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow