GBPUSD Targetkan Area 1.2300, Jelang Data UK PMI

Pemulihan pasangan mata uang GBPUSD banyak didukung oleh hilangnya momentum kenaikan indeks Dollar (DXY), menyusul investor yang mengantisipasi inflasi AS yang telah memasuki kondisi "Armageddon", dengan alat kualitatif dan kuantitatif terhadap CPI yang akan dipertajam.

Mar 24, 2023 - 14:05
 0  20
GBPUSD Targetkan Area 1.2300, Jelang Data UK PMI

FUNDAMENTAL

Mata uang Poundsterling bergerak fluktuatif setelah Gubernur Bank of England, Andrew Bailey menyampaikan janji untuk melunakkan laju inflasi, dengan langkah kenaikan suku bunga sebesar 25 bps serta panduang suku bunga yang lebih dovish. Pemulihan pasangan mata uang GBPUSD banyak didukung oleh hilangnya momentum kenaikan indeks Dollar (DXY), menyusul investor yang mengantisipasi inflasi AS yang telah memasuki kondisi "Armageddon", dengan alat kualitatif dan kuantitatif terhadap CPI yang akan dipertajam.
Meskipun terjadi guncangan terhadap sektor perbankan global, namun Bank of England tercatat telah melakukan kenaikan suku bunga sebanyak sebelas kali hingga saat ini, dimana dari seluruh anggota tim Monetary Policy Committee, Swati Dhingra dan Silvana Tenreyro memilih untuk mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah, sedangkan anggota yang lainnya justru mendukung kenaikan suku bunga 25 bps.
Bank of England menilai bahwa lonjakan dalam indeks harga konsumen yang mengejutkan, banyak mendapat kontribusi dari hargai pakaian yang bergejolak, namun demikian mereka yakin bahwa inflasi akan mulai melambat di periode kuartal kedua.

TEKNIKAL

Dalam timeframe H4, pergerakan pasangan mata uang GBPUSD menciptakan area konsolidasi dengan titik tengah di kisaran 1.2284, yang menjadi level psikologis bagi penentuan arah pergerakan pasangan GBPUSD di sesi perdagangan akhir pekan ini.
Secara keseluruhan pergerakan GBPUSD masih berada dalam jalur kenaikan yang ditandai dengan Bullish Regression Channel, dengan konfirmasi dukungan beli yang ditunjukkan oleh indikator Alligator yang tetap mncerminkan berlanjutnya bias bullish.
Namun demikian peluang terjadinya swing trade cukup terbuka dengan level support ada di kisaran 76.4% Fibonacci yang berpeluang menjadi pijakan untuk kembali mengejar level 1.2300.
Sinyal dalam indikator RSI 14 masih bergerak di area antara 50%-55% yang merupakan zona positif yang memberikan dukungan bullish bagi GBPUSD.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow