Alert Rilis Data Kalender Ekonomi Penggerak Market Sesi Eropa 12 September 2023

Pk 13:00 WIB: data Jobless Claims di Inggris bulan Agustus 2023 (Berdampak tinggi pada GBP)

Sep 12, 2023 - 09:07
 0  74
Alert Rilis Data Kalender Ekonomi Penggerak Market Sesi Eropa 12 September 2023

Pk 13:00 WIB: data Jobless Claims di Inggris bulan Agustus 2023 (Berdampak tinggi pada GBP)

Jobless Claims Change atau Claimant Count Change mengukur perubahan jumlah klaim pengangguran yang memperoleh kompensasi dari pemerintah. Sementara itu, Claimant Count Rate menyatakan persentase perubahan data Jobless Claims secara bulanan.

Jumlah klaim yang tinggi menunjukkan peningkatan jumlah pengangguran yang akan berpengaruh pada pengeluaran konsumen Inggris. Data ini dirilis sebulan lebih cepat dari data tingkat pengangguran.

Bulan Juli lalu, klaim tunjangan pengangguran di Inggris bertambah 29,000, lebih tinggi dari perkiraan bertambah 19,600, dan menjadi yang tertinggi sejak Februari 2021.

Untuk bulan Agustus 2023, diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan bertambah 17,100. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat. Begitupun sebaliknya

Pk 13:00 WIB: indeks upah rata-rata di Inggris bulan Juli 2023 (3m/y) (Berdampak medium pada GBP)

Data yang dirilis oleh Office for National Statistics (ONS) setiap bulan ini mengukur perubahan tingkat upah rata-rata plus bonus di Inggris, baik dari sektor swasta maupun pemerintahan. 

Rilis data berupa perubahan rata-rata upah mingguan dalam 3 bulan terakhir dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Bulan Juni lalu, upah rata-rata per minggu termasuk bonus naik 8.2%, lebih tinggi dari perkiraan naik 7.3%, dan menjadi kenaikan tertinggi sejak Juli 2021. 

Untuk bulan Juli 2023, diperkirakan upah rata-rata per minggu akan kembali naik 8.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat. Begitupun sebaliknya

Pk 13:00 WIB: data tingkat pengangguran di Inggris bulan Juli 2023 (Berdampak medium pada GBP)

Disebut juga dengan ILO Unemployment Rate, indikator ini mengukur jumlah tenaga kerja usia produktif yang sedang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan selama kurun waktu 3 bulan terakhir. 

Di samping pertumbuhan dan tingkat inflasi tahunan, bank sentral (BoE) juga memperhatikan data tingkat pengangguran sebagai acuan dalam mengambil kebijakan, terutama mengenai perubahan tingkat suku bunga.

Bulan Juni lalu, tingkat pengangguran di Inggris menunjukkan angka 4.2%, lebih tinggi dari perkiraan 4.0%, dan menjadi yang tertinggi sejak Oktober 2021. Sementara itu, tingkat partisipasi berada pada angka 79.1%, lebih rendah dari bulan sebelumnya 79.2%.

Untuk bulan Juli 2023, diperkirakan tingkat pengangguran akan naik menjadi 4.3%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP. Begitupun sebaliknya. (YSI)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Makarios Amien (Yossi) SE, MM Experienced research and analyst with a demonstrated history of working in the financial services industry. Skilled in Trading, Fundamental Analysis, Technical Analysis, Foreign Exchange, Commodities, Cryptocurrencies, Stock and CFD. Professional graduated Economic Bachelor and Magister Management from Trisakti University